Dasar Programming 1
Tahapan Pembuatan Program
• Mendefinisikan masalah dan
menganalisanya.
Mencakup : tujuan pembuatan program,
parameter yang digunakan, fasilitas yang disediakan, algoritma yang diterapkan
dan bahasa program yang digunakan.
• Merealisasikan dengan langkah-langkah
sebagai berikut :
ALGORITMA
• Adalah inti dari ilmu komputer.
• Algoritma adalah urutan-urutan dari
instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.
• Algoritma adalah blueprint dari program.
• Sebaiknya disusun sebelum membuat
program.
• Kriteria suatu algoritma:– Ada input dan
output
– Efektivitas dan efisien
– Terstruktur
Contoh Algoritma 1
Mengirim surat kepada teman:
1. Tulis surat pada secarik kertas surat.
2. Ambil sampul surat.
3. Masukkan surat ke dalam sampul.
4. Tutup sampul surat menggunakan perekat.
5. Jika kita ingat alamat teman tersebut,
maka tulis alamat pada sampul surat.
6. Jika tidak ingat, lihat buku alamat,
kemudian tulis alamat pada sampul surat.
7. Tempel perangko pada surat.
8. Bawa surat ke kantor pos untuk diposkan.
Contoh Algoritma 2
Mencari akar bulat positif dari bilangan
bulat (integer) positif a:
>Masukkan bilangan bulat positif a
Berikan harga awal x sama dengan 1
Hitung y sebesar x * x
Jika y sama dengan a maka cetak x
sebagai akar dari a. Selesai
Tambah nilai x dengan 1
Pergi ke langkah 3.
Contoh Algoritma 3
Menentukan apakah suatu bilangan merupakan
bilangan ganjil atau bilangan genap. Masukkan sebuah bilangan sembarang Bagi
bilangan tersebut dengan bilangan 2 Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2.
Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka
bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1
maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.
FLOWCHART
Bagan-bagan yang mempunyai arus yang
menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Merupakan cara
penyajian dari suatu algoritma.
Ada 2 macam Flowchart :
– System Flowchart
urutan proses dalam system dengan
menunjukkan alat media input, output serta jenis media penyimpanan dalam proses
pengolahan data.
– Program Flowchart
urutan instruksi yang digambarkan dengan
symbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program.
Simbol-simbol Flowchart
Flow Direction Symbols (Simbol penghubung
alur)
Processing Symbols (Simbol proses).
Input-output Symbols (Simbol input- output)
Simbol-simbol Flowchart
Simbol-simbol Flowchart – Cont.
Pembuatan Flowchart
Tidak ada kaidah yang baku.
Flowchart = gambaran hasil analisa suatu
masalah
Flowchart dapat bervariasi antara satu
pemrogram dengan pemrogram lainnya.
Secara garis besar ada 3 bagian utama:
– Input
– Proses
– Output
Pembuatan Flowchart – cont.
Hindari pengulangan proses yang tidak perlu
dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat.
Jalannya proses digambarkan dari atas ke
bawah dan diberikan tanda panah
untuk memperjelas.
Sebuah flowchart diawali dari satu titik
START dan diakhiri dengan END. Contoh 1
Flowchart
sekian semoga mengerti penjelasan tadi
0 comments:
Post a Comment