Saturday, March 23, 2013

Algoritma dan Flowchart

Dasar Programming 1

Tahapan Pembuatan Program

• Mendefinisikan masalah dan menganalisanya.

Mencakup : tujuan pembuatan program, parameter yang digunakan, fasilitas yang disediakan, algoritma yang diterapkan dan bahasa program yang digunakan.

• Merealisasikan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

ALGORITMA
• Adalah inti dari ilmu komputer.
• Algoritma adalah urutan-urutan dari instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.
• Algoritma adalah blueprint dari program.
• Sebaiknya disusun sebelum membuat program.
• Kriteria suatu algoritma:– Ada input dan output

– Efektivitas dan efisien

– Terstruktur

Contoh Algoritma 1
Mengirim surat kepada teman:
1. Tulis surat pada secarik kertas surat.
2. Ambil sampul surat.
3. Masukkan surat ke dalam sampul.
4. Tutup sampul surat menggunakan perekat.
5. Jika kita ingat alamat teman tersebut, maka tulis alamat pada sampul surat.
6. Jika tidak ingat, lihat buku alamat, kemudian tulis alamat pada sampul surat.
7. Tempel perangko pada surat.
8. Bawa surat ke kantor pos untuk diposkan.

Contoh Algoritma 2
Mencari akar bulat positif dari bilangan
bulat (integer) positif a:
>Masukkan bilangan bulat positif a

Berikan harga awal x sama dengan 1
Hitung y sebesar x * x
Jika y sama dengan a maka cetak x
sebagai akar dari a. Selesai
Tambah nilai x dengan 1
Pergi ke langkah 3.

Contoh Algoritma 3
Menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap. Masukkan sebuah bilangan sembarang Bagi bilangan tersebut dengan bilangan 2 Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2.


Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.

FLOWCHART
Bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Merupakan cara penyajian dari suatu algoritma.


Ada 2 macam Flowchart :
– System Flowchart
urutan proses dalam system dengan menunjukkan alat media input, output serta jenis media penyimpanan dalam proses pengolahan data.

– Program Flowchart
urutan instruksi yang digambarkan dengan symbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program.


Simbol-simbol Flowchart
Flow Direction Symbols (Simbol penghubung alur)
Processing Symbols (Simbol proses).
Input-output Symbols (Simbol input- output)
Simbol-simbol Flowchart

Simbol-simbol Flowchart – Cont.



Pembuatan Flowchart

Tidak ada kaidah yang baku.

Flowchart = gambaran hasil analisa suatu masalah

Flowchart dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya.

Secara garis besar ada 3 bagian utama:

– Input

– Proses

– Output

Pembuatan Flowchart – cont.

Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat.

Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah

untuk memperjelas.

Sebuah flowchart diawali dari satu titik

START dan diakhiri dengan END. Contoh 1 Flowchart


sekian semoga mengerti penjelasan tadi

0 comments:

Post a Comment